EKONOMIFOODSHEALTHINTERNASIONALLIFESTYLENASIONALOLAH RAGAPOLITIKSYARIAH

Penyaluran BST Sudah Mencapai Rp3,96 Triliun

BARUNEWS –Sampai saat ini sudah Rp 3,96 triliun dana bantuan sosial tunai (BST) telah disalurkan kepada 6,59 juta kepala keluarga (KK). Ditargetkan, sebanyak 9 juta KK bakal menerima BST selanjutnya.

Menteri Sosial Juliari Batubara mengungkapkan pemerintah menargetkan menyalurkan bansos tunai kepada 9 juta KK. Artinya, realisasi penyaluran hingga pertengahan Juni 2020 baru sebesar 73,3 persen.

Untuk selanjutnya, pemerintah akan kembali menyalurkan bansos tunai pada pekan ketiga Juni 2020 atau jelang anak masuk sekolah. Juliari berharap target 9 juta penerima bisa terpenuhi pada tahapan tersebut.

“Data yang masuk ke Kementerian Sosial ada 8,36 juta KK, masih kurang 640 ribu keluarga lagi yang kami minta ke daerah,” jelas Juliari sebagaimana dikutip MAKLUMATNEWS.com dari CNN Indonesia.com

Ia bilang penyaluran bansos tunai terkendala dengan beberapa hal, seperti masih ada daerah yang belum memenuhi kuota, ada daerah yang meminta penundaan penyaluran bansos, distribusi yang sulit karena berada di daerah terpencil, jumlah loket pembayaran terbatas, dan keterbatasan antrean karena protokol kesehatan pandemi virus corona.

Baca Juga  BEI: Investor Tak Khawatir 13 MI Tersangka Jiwasraya

“Kami sudah minta ke penyalur PT Pos Indonesia (Persero) untuk membuka jam operasional sampai jam 10 malam dan kami minta untuk membuka loket pembayaran di luar kantor pos, seperti kantor kelurahan atau balai desa,” ungkap Juliari.

Pemerintah juga melakukan beberapa upaya untuk mengatasi kendala yang terjadi di lapangan. Upaya yang dimaksud, yakni menambahkan pihaknya juga akan mengalihkan sisa kuota penyaluran kepada daerah yang siap dan asistensi khusus kepada daerah untuk percepatan penyaluran.

“Khusus untuk daerah terpencil penyaluran langsung sekaligus, kalau normalnya tiga tahap ini sekaligus jadi Rp600 ribu kali 3, yaitu Rp1,8 juta diberikan sekaligus,” pungkas Juliari.

Sebagai informasi, pemerintah menyalurkan bansos tunai sebesar Rp600 ribu untuk masing-masing keluarga yang terdampak pandemi virus corona. Bansos itu diberikan selama tiga bulan dari April-Juni 2020.(*)

Baca Juga  Sri Mulyani Bilang Soal Penerimaan Negara Rontok

Editor : Aspani Yasland

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close