Uncategorized

Cara Mendinginkan Kamar Tidur saat Cuaca Panas, Tak Perlu AC

BARUNEWS.COM –  Ada kalanya AC bagi seseorang tidak membuat rasa nyaman. Sehingga tak semua orang menggunakan pendingin udara alias air conditioner (AC) di tengah cuaca panas . Pilihannya adalah menyalakan kipas angin, membuka pintu dan jendela, atau memakai pakaian minim agar tidak gerah.

Di luar cara-cara klasik itu, ada beberapa trik sederhana untuk mendinginkan kamar sebelum tidur. Dikutip Tempo dari The Sun, Jumat, 19 Juni 2020, berikut trik yang bisa Anda lakukan.

1. Tutup tirai

Tutup tirai atau gorden kamar Anda untuk menghindari sinar matahari masuk. National Health Service (NHS) Inggris merekomendasikan agar kamar tetap dingin dengan menggunakan warna atau bahan reflektif di luar jendela.

“Jika ini tidak memungkinkan, gunakan gorden berwarna terang dan tutuplah (tirai metalik dan gorden gelap dapat membuat ruangan lebih gerah),” saran NHS.

Cara lain untuk menghindari udara panas masuk adalah meletakkan kipas depan jendela yang terbuka agar udara sejuk benar-benar bersirkulasi. Maksimalkan konsep udara,

Baca Juga  Gaya Hijab yang Paling Ngetrend Sepanjang 2020

3. Gunakan es untuk tambahan rasa dingin

Ambil satu atau dua botol plastik dan buat beberapa lubang dengan tusukan dari tengah ke atas. Isi es di bagian bawah yang tidak dilubangi. Letakkan botol di depan kipas angin atau tempelkan di belakangnya.

Atau, jika Anda memiliki kipas tinggi, letakkan nampan es di depannya untuk rasa dingin tambahan itu. Udara akan didinginkan oleh es seperti menggunakan AC.

4. Jangan tidur telanjang

Ketika udara panas, Anda mungkin ingin tidur telanjang. Tapi para ahli mengatakan itu membuat Anda merasa lebih panas. Jadi, tetaplah memakai piyama.

 Guy Leschziner, konsultan ahli saraf dan spesialis tidur, mengatakan kepada BBC bahwa orang mungkin lebih baik tidur dengan pakaian daripada tidur telanjang.

Baca Juga  Gaya Hypebeast Olla Ramlan Belanja ke Supermarket

“Jika Anda mengenakan kain alami seperti kapas, ia berfungsi sebagai penyerap keringat dan dapat meningkatkan luas permukaan keringat untuk menguap, sehingga dapat membuat Anda merasa jauh lebih sejuk,” kata dia.

5. Cabut charger

Tahukah Anda bahwa charger yang terpasang dapat memancarkan panas? Mungkin tidak terlalu besar perbedaannya, tetapi Anda lebih baik mencabut charger apa pun untuk mengurangi panas.

Hal yang sama berlaku untuk perangkat elektronik lainnya, jadi matikan semua soket colokan untuk membantu tetap dingin. Ini juga akan menghemat energi.

Biar tak bera AC tetap nyaman di kamar tidur (foto: islamidia.com]

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close