NASIONALUncategorized

Ada 18 Lembaga Bakal Dibubarkan Presiden Jokowi

BARUNEWS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut bakal ada perampingan lembaga dan komisi negara dalam waktu dekat. Setidaknya, ada 18 lembaga negara dan komisi yang akan dirampingkan.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengungkapkan maksud dari penyederhanaan birokrasi tersebut yakni pemerintah memikirkan struktur organisasi yang dibuat haruslah efektif.

“Yakni memiliki fleksibilitas tinggi, yang kedua, harus adaptif yang tinggi terhadap perubahan lingkungan. Dan yang ketiga bersifat sederhana agar kalau punya karakter itu diharapkan nanti akan memiliki kecepatan,” katanya sebagaimana dikutip Barunews.com dari CNBC Indonesia.com.

Menurut Moeldoko, yang akan jadi concern dari Kementerian PAN & RB adalah lembaga yang berbentuk Komisi yang berdirinya di bawah PP atau Perpres.

Baca Juga  Djoko Tjandra, Sang Buronan Ditangkap di Malaysia

“Yang di bawah UU belum tersentuh. Tapi lembaga di bawah Perpres dan PP yang saat ini sedang ditelaah. Perlukan organisasi atau yang dikatakan kemarin 18 lembaga itu dihapus atau dievaluasi lagi agar kita betul-betul menuju sebuah efisiensi,” terangnya.

Apa yang mau digabung atau dihapuskan? Moeldoko menyebutkan organisasi yang seharusnya bisa ada di bawah Kementerian.

“Seperti Komisi Usia Lanjut. Ini tidak pernah terdengar kan apakah itu tidak ada dalam tupoksi Kementerian Perlindungan Anak. Kalau masih dalam cakupan Kementerian, itu mungkin bisa dipikirkan,” tegasnya.’

Maksud dari Moeldoko adalah Komisi Nasional Lanjut Usia. Di mana pembentukan lembaga tersebut sesuai dengan Keppres Nomor 52 tahun 2004 tentang Komisi Nasional Lanjut Usia.

Baca Juga  Ancaman Covid-19, Warnai Pilkada Sumsel 2020 

Moeldoko mengatakan juga, soal Badan Akreditasi Olahraga dan Badan Restorasi Gambut [BRG].

“Kemudian BRG, sementara ini perannya cukup bagus dalam ikut menangani restorasi gambut. Tapi nanti juga akan dilihat. BRG itu dari sisi kebakaran, apakah cukup ditangani BNPB?”

“Dari sisi optimalisasi gambut untuk pertanian apakah cukup oleh Kementan. Itu kira-kira yang sedang dikaji KemenPAN RB,” kata Moeldoko.(*)

Editor : Aspani Yasland

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close