FOODS

Street Food Penuhi Rasa Lapar di Malam Hari

Sama dengan kota-kota lain,  kuliner pinggir jalan atau street food Kota Palembang semakin malam semakin hidup.

BARUNEWS.com – Tak perlu khawatir lapar saat tengah malam, sepanjang Jalan Veteran kota Palembang, aneka kuliner siap mengenyangkan perut.

Merupakan jalan utama di pusat bisnis Kota Palembang, Jalan Veteran yang dipenuhi ruko dan perkantoran, pada malam harinya disulap menjadi pusat kuliner kaki lima.

Tenda-tenda konvesional hingga food truck memanfaatkan halaman depan toko untuk menggelar aneka kuliner yang mungkin hanya bisa Anda temui pada malam hari.

Jika kebetulan Anda tengah berada di Kota Palembang dan menginap di kawasan Jalan Veteran, maka bisa dengan mudah mencari makan malam.

Warung pecel lele dan seafood Gareng

Bisa dikatakan ini warung makan yang paling padat pembelinya. Warung tenda yang cukup besar itu sudah dipenuhi pembeli meski baru pukul 7 malam.

Bahkan beberapa pembeli harus antre menunggu pembeli lainnya selesai makan untuk bisa mendapatkan tempat duduk.

Warung ini menyuguhkan pecel lele dan juga olahan seafood ala chinese. Salah satu menu favoritnya adalah lele bakar. Lele dengan ukuran sedang dibakar dengan bumbu kecap dan disantap bersama nasi putih, lalapan dan sambal.

Jangan cemberut dulu melihat porsi sambalnya yang sedikit. Rasanya yang super pedas dijamin Anda merasa sudah cukup dan tidak ingin menambah lagi. Seporsi lele bakar dengan nasi putih dibanderol Rp20 ribu. Sedangkan untuk ayam kampung bakarnya dihargai Rp30 ribu plus nasi.

Baca Juga  ‘Tragedi George Floyd’ Dikecam Nabi Muhammad

Read More : Street Food Penuhi Rasa Lapar Di Malam Hari

Jika terbiasa dengan apetizer, maka sepiring otak-otak akan disuguhkan sebelum pesanan datang. Otak-otaknya memiliki ukuran lumayan besar, padat dan terasa ikannya

Warung seafood and chinese food

Tidak jauh dari warung gareng, Anda bisa memilih makan di warung seafood dan chinese food. Aneka olahan hasil tangkapan laut bisa dipesan dengan bumbu masakan khas Tionghoa.

Warung pecel ayam khas Jawa Timur

Warung pecel ayam dan lele memang mendominasi pusat kuliner malam di Jalan Veteran. Pantauan Okezone setidaknya ada empat gerai sejenis, dan selalu diminati pembeli. Seperti warung pecel ayam khas Jawa Timur yang juga terpantau penuh pembeli.

Nasi goreng Pakde

Jika enggan menyantap pecel ayam atau lele, Anda bisa menikmati nasi goreng Pakde. Dengan gerobak biasa, tempat makan tanpa tenda ini juga sarat pembeli.

Warung puyuh Lucky 186

Berbeda dengan warung lainnya, warung tenda ini menyuguhkan berbagai olahan daging burung puyuh.

Warungnya yang eye cathing dengan dominasi warna hijau, dengan sangat mudah bisa ditemukan di kawasan jalan Veteran ini.

The Best Lok-Lok in Town

Sepertinya jajanan frozen food yang ditusuk lidi sedang jadi primadona anak muda di mana-mana. Tidak terkecuali di Palembang.

Baca Juga  Erick: Indonesia Harus Adaptif Agar Bertahan di Masa Pandemi

Mengenakan food truck, kedai ini menawarkan jajanan seperti sosis, otak-otak, dumpling chicken, tahu ikan kipas dan masih banyak lainnya. Ditusuk dengan lidi layaknya sate pembeli bisa memilih teknik pengolahan apakah direbus, digoreng atau dipanggang.

 Salah satu pemilik, Surya mengatakan, ia baru lima hari membuka gerai yang merupakan franchise usaha sejenis di Malaysia. Namun demikian antusiasme pembeli yang kebanyakan anak muda sangat besar. Ini adalah gerai yang keempatnya, selain dari satu di Medan dan dua lainnya di Tangerang.

Menu favorit adalah tahu ikan kipas, beef wrap sausage dan beef wrap ennoki. Ketiganya adalah kreasi sendiri dan tidak ada di gerai sejenis di Malaysia.

Bubur ayam Palembang-Sunda

Bubur ayamnya cukup unik. Jika biasanya kuah kaldu berwarna kuning, maka di warung bubur ini kuah memiliki warna hitam layaknya kuah semur. Menurut si penjual, kuah dicampur dengan kecap sehingga warnanya hitam.

Pemberian kuahpun cukup banyak, maka jangan heran jika menyantap bubur ayam ini seperti bakso karena kuahnya yang banyak.

Sementara isiannya tidak jauh berbeda dengan bubur ayam pada umumnya. Seporsi bubur dihargai Rp7 ribu.

Sop Mangcik

Warung tenda ini spesialisnya sop. Sop isian apa saja bisa diperoleh di warung ini. Seperti sop ayam, daging, buntut, hati sapi, otak sapi, sop ikan sampai sop torpedo.

Bangun Lubis

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close