NASIONAL

Presiden Tunjuk Airlangga Ketua Tim Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasiona

Erick menjadi Ketua Pelaksana Pemulihan Ekonomi

BARUNEWS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai ketua tim penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional (PEN). Sedangkan posisi ketua pelaksana dijabat Menteri BUMN Erick Thohir.

Keputusan tersebut diambil berdasarkan rapat yang digelar di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/7/2020). Seusai rapat, Airlangga mengatakan Jokowi sudah menandatangani peraturan pemerintah mengenai tim penanganan COVID-19 dan PEN.

“Bapak presiden memberikan pesan untuk menko perekonomian untuk mengkoordinasikan tim kebijakan dengan wakil ketua menko marinves, menko polhukam, dan menko PMK, menkeu, mendagri, dan juga dalam itu dilengkapi menkes dan pelaksananya kepada menteri BUMN yang koordinasikan ketua satgas perekonomian dan ketua satgas COVID-19 tetap ditangani Pak Doni Monardo dan satgas perekonomian ditangani pak wamen BUMN Pak Budi Gunawan Sadikin,” ujar Airlangga di kantor presiden.

Baca Juga  Bupati Kutai Timur Dan Istri Ditangkap KPK

Penugasan Airlangga tersebut dituangkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) tentang penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

“Siang tadi, bapak presiden memanggil tim dan beliau telah menandatangani PP terkait penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional,” kata Airlangga dalam jumpa pers secara virtual dari Kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/7/2020).

Dirinya menerangkan, penugasan ini agar penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi berjalan beriringan.

Kita melihat bahwa recovery pandemi Covid akan memakan waktu. Oleh karena itu, Bapak Presiden memberikan penugasan agar Tim sepenuhnya merencanakan dan mengeksekusi program-program agar penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi ini berjalan secara beriringan dalam arti agar keduanya ditangani oleh kelembagaan yang sama dan koordinasi secara maksimal,” jelas Airlangga.

Baca Juga  Alasan Efesiensi, Pemerintah Rencanakan Bubarkan 96 Lembaga dan Komisi

Adapun komposisi Tim Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional dipimpin Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Wakil Ketua terdiri atas Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Polhukam Mahfud MD, dan Menko PMK Muhadjir Effendy.

Sedangkan para anggotanya terdiri atas Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Mendagri Tito Karnavian, dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Ketua Tim Pelaksana dipercayakan kepada Erick Thohir. Menteri BUMN ini membawahkan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo dan Ketua Satgas Perekonomian Budi Sadikin.

 

Editor: Bangun Lubis

 

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close