INTERNASIONALSYARIAH

Ribuan Jamaah Salat Jumat Pertama Di Hagia Sophia Turky Bersama Erdogan

Tadinya Mesjid, Berubah Katedral, Museum Kini Jadi Mesjid

Jamaah tengah mengikuti salat Jumat pertama (24/07-2020) yang diselenggarakan di Hagia Sophia, gedung berusia 1.500 tahun yang semula adalah katedral yang dijadikan masjid dan kemudian museum. Sekarang Erdogan membuatnya lagi sebagai mesjid.

BARUNEWS.com – Sekitar 1.000 orang dizinkan untuk masuk ke Hagia Sophia melalui pemeriksaan keamanan, sementara yang lainnya melakukan salat di luar, salat Jumat pertama (24/07) dalam 86 tahun.

“Muslim sangat senang, semua orang ingin hadir di pembukaan (salat Jumat pertama),” kata Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya Kamis (23/07).

Pada 1934, di bawah kepemimpinan Presiden Mustafa Kemal Ataturk, setelah jatuhnya Ottoman, masjid itu dijadikan museum.

Gedung ini dibangun pada abad keenam sebagai katedral namun dijadikan masjid pada 1453 ketika Ottoman, biasa disebut juga dengan Kekhalifahan Utsmaniyah, di bawah Mehmed II atau Sultan Muhammad al-Fatih menaklukkan Konstantinopel yang kemudian berganti nama menjadi Istanbul.

Erdogan bersama sejumlah menteri Turki ikut dalam salat Jumat pertama.

Keterangan gambar,Erdogan bersama sejumlah menteri Turki ikut dalam salat Jumat pertama.

Memakai masker dan petugas kesehatan dikerahkan

Dalam pidato melalui televisi pada Kamis (23/07-2020), Gubernur Yerlikaya mendesak mereka yang ingin mengikuti salat Jumat untuk membawa “masker, sajadah, serta bersabar dan memahami kondisi” untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Hagia Sophia

Keterangan gambar,Karpet dengan motif Ottoman pada abad ke-17.

Ia menambahkan para petugas kesehatan dikerahkan di Hagia Sophia dan seputarnya.

Menteri Agama Ali Erbas mengatakan masjid agung ini dapat menampung sekitar 1.000 orang untuk sekali salat.

Banyak yang hadir di seputar masjid duduk di luar Hagia Sophia.

Hagia Sophia

Keterangan gambar,Interior masjid yang diunggah Gubernur Istanbul Yerlikaya di Twitter.

Erdogan undang Paus yang  sedih karena Hagia Sophia dijadikan masjid lagi

Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan mengundang Paus Fransikus untuk menghadiri pembukaan masjid, lapor kantor berita Anadolou.

Namun sejauh ini belum ada laporan bagaimana tanggapan Paus.

Salat Jumat pertama akan dipimpin oleh Ali Erbaş ketua direktur keagamaan, lapor harian Turki Hürriyet.

Karpet yang akan dipakai untuk salat Jumat diproduksi di Provinsi Manisa, salah satu pabrik karpet pertama di Turki, kata surat kabar itu.

“Terbuat dari bulu domba 100%, karpet hijau yang dipasang dengan motif Ottoman abad ke-17.

Kemenangan dalam upaya kelompok Islamis

Erdogan membuka "Masjid Agung Hagia Sophia" Kamis (23/07).

Keterangan gambar,Erdogan membuka “Masjid Agung Hagia Sophia” Kamis (23/07).

Bagi kelompok Islamis Turki, Hagia Sophia kembali dijadikan masjid menandai mimpi lama mewujudkan kembali simbol kejayaan Ottoman.

Dalam pidato mingguan, tanggal 12 Juli lalu, Paus Fransiskus mengatakan ia “sangat sedih”. Tapi Erdogan menyatakan ini adalah hak negaranya.

Namun bagi Yunus Genc – salat di Hagia Sophia pada Jumat (24/07-2020) – menandai kemenangan dalam upaya puluhan tahun oleh kelompok Islamis seperti organisasi yang dia pimpin, untuk kembali menjadikan gedung kuno ini menjadi masjid.

Organisasi Genc, Anatolian Youth Association, sebelumnya melakukan berbagai protes dan menyelenggarakan salat di luar Hagia Sophia, sementara kelompok lain melakukan upaya legal untuk menjadikan museum sebagai masjid.

“Sultan Mehmed II membeli masjid pakai uangnya sendiri”

Masjid Hagia Sophia

Keterangan gambar,Presiden Turki Erdogan dan istrinya di dalam Hagia Sophia Kamis (23/07-2020).

President Tayyip Erdogan tanggal 10 Juli lalu menetapkan gedung, yang pernah menjadi katedral selama 900 tahun itu, sebagai masjid, setelah pengadilan membatalkan status bangunan ikonik yang ditetapkan UNESCO sebagai peninggalan bersejarah.

Hagia Sophia

Keterangan gambar,Hagia Sophia dijadikan masjid pada 1453 dan dijadikan museum pada 1934.

“Kami memperjuangkan ini selama bertahun-tahun,” kata Genc di depan masjid Kamis (23/07), seperti dilansir BBCINDONESIS.COM

Kubah dan menara Hagia Sophia menandai langit Istanbul selama satu abad terakhir.

“Hagia Sophia adalah simbol dan kami, seperti Muslim lain, ingin dibuka sebagai masjid…Saat Sultan Mehmed, sang penakluk datang ke Istanbul, ia membeli Hagia Sophia dengan uangnya sendiri sebagai simbol penaklukkan dan ingin dijadikan masjid.”

Selama kepemimpinannya Erdogan membentuk ulang Turki modern yang didirikan tokoh sekuler negara itu, Mustafa Kemal Ataturk, dengan mencabut larangan memakai jilbab di depan umum, meningkatkan pendidikan keagamaan.

Hagia Sophia kembali dijadikan masjid pada 2020.

Keterangan gambar,Hagia Sophia kembali dijadikan masjid pada 2020.

Di tengah kekacauan dan pemberontakan di Timur Tengah pada 2011, Erdogan juga berupaya mengangkat posisi Turki sebagai kekuatan regional dan memimpin kelompok Muslim Sunni.

Menetapkan Hagia Sophia sebagai masjid, adalah petanda ke arah “mencapai pembebasan” masjid Al-Aqsa di Yerusalem, kata Erdogan bulan ini.

Presiden Erdogan dan istrinya melihat persiapan masjid pada Kamis (23/07).

Keterangan gambar,Presiden Erdogan dan istrinya melihat persiapan masjid pada Kamis (23/07).

Erdogan mendorong langkah mengubah Hagia Sophia menjadi masjid sebelum pemilihan daerah tahun lalu, langkah yang menyebabkan pukulan bagi Partai AK.

Para pejabat mengatakan langkah itu memenuhi keinginan mendalam masyakat di negara itu.

Hagia Sophia

Keterangan gambar,Hagia Sophia atau Ayasofya merupakan gedung yang paling dikunjungi di Turki.

“Keputusan menjadikan Hagia Sophia sebagai masjid adalah tuntutan lama mayoritas rakyat Turki,” kata juru bicara presiden Ibrahim Kalin.

Hagia Sophia dibangun 1.500 tahun lalu dan dijadikan masjid pada 1453.

Hagia Sophia dibangun 1.500 tahun lalu sebagai katedral dan dijadikan masjid pada 1453.

Ia mengatakan di bawah kepemimpinan Erdogan, masjid dan sinagog untuk masyarakat minoritas Kristen dan Yahudi Turki juga dibangun atau direnovasi.

lineSejarah Hagia Sophia

Mosaik di dinding Hagia Sophia.

  • Sejarah kompleks Hagia Sophia dimulai pada 537 ketika kaisar Bizantium, Justinianus, membangun gereja besar yang menghadap ke pelabuhan Tanduk Emas
  • Dengan kubahnya yang besar, Hagia Sopia sempat menjadi gereja dan gedung paling besar di dunia
  • Gedung ini tetap di tangan Bizantium selama berabad-abad kecuali pada satu momen singkat pada 1204 ketika Tentara Salib menyerbu kota
  • Pada 1453, dalam serangan telak ke Bizantium, Sultan Ottoman (Utsmaniyah) Mehmed II atau Muhammad Al-Fatih, merebut Konstantinopel yang kemudian disebut Istanbul
  • Setelah menang, Mehmed II melakukan salat Jumat di dalam Hagia Sophia
  • Kekaisaran Ottoman segera mengubah bangunan itu menjadi masjid, menambahkan empat menara di bagian luar dan menutupi ikon Kristen dan mosaik emas hiasan dengan panel kaligrafi Arab
  • Setelah berabad-abad di jantung kerajaan Muslim Ottoman, Hagia Sophia diubah menjadi museum pada 1934 oleh pendiri Turki modern, Mustafa Kemal Ataturk
  • Dewasa ini Hagia Sophia adalah situs wisata paling populer di Turki, menarik lebih dari 3,7 juta pengunjung per tahun.

Editor: Bangun Lubis

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close