NASIONAL

PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Dapat 2 Penghargaan Top CSR Award 2020

Kami menceritakan apa yang Kami lakukan dengan terstruktur

BARUNEWS.Com, JAKARTA – PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) berhasil mendapat 2 penghargaan Top CSR Award 2020, yakni kategori Top Leader on CSR Commitment 2020 yang ditujukan kepada Direktur Utama PTPN III (Persero) M. Abdul Goni atas komitmennya terkait pelaksanaan CSR di PTPN III (Persero) dan Top CSR Awards 2020 Level Star 4 yang diberikan atas dedikasi CSR PTPN III.

Penghargaan ini diserahkan dalam acara TOP CSR AWARDS 2020 bertempat di Golden Ballroom Hotel Sultan Jakarta, Rabu (29/7/2020), mewakili PTPN III (Persero) Holding penghargaan ini diterima oleh Direktur Umum PTPN III (Persero) Seger Budiardjo.

SEVP Business Support PTPN III (Persero) Suhendri, menjelaskan bahwa CSR Award ini sebuah penghargaan atas hasil kerja keras Tim PTPN III (Persero) khususnya Tim PKBL yang mampu melaksanakan program CSR perusahaan secara baik.

Sehingga pada saat penjurian mampu menceritakan, menjawab dan menjelaskan secara transparan dan terstruktur bagaimana upaya PTPN III dalam melaksanakan kebijakan-kebijakan CSR melalui beberapa indicator penilaian :

  • Kebijakan dan strategi CSR keterkaitannya dengan Strategi bisnis yang berkelanjutan
  • Upaya memenuhi kepentingan Stakeholders
  • Upaya peningkatan Kualitas CSR
  • Upaya yang dilakukan dalam melakukan due diligence (identifikasi dan analisis) atas dampak aktivitas/ keputusan perusahaan terhadap ekonomi masyarakat, sosial dan lingkungan
  • Kepentingan dan harapan Stakeholders
  • Perumusan isu-isu penting yang menjadi tanggung jawab sosial perusahaan
  • Tata Kelola CSR terintegrasi
  • Program CSR disinergikan dengan Visi Misi Presiden RI 2019-2024, mendukung secara langsung Program Sosial Kementerian dan Sustainable Development Goals (SDGs).
PT. Perkebunan Nusantara III (Persero), Berhasil Mendapat 2 Penghargaan Top CSR Award 2020
(SEVP Business Support PTPN III (Persero) Suhendri didampingi Tim PKBL (Kasubdiv PKBL Charunnisa Lubis, Kasubbag CSR Fauzan, , Staf Perencanaan Thomas Pandapotan dan Staf Pembinaan Yunan Jambak) dalam wawancara penjurian tanggal 20 Februari 2020.

Indikator penting diatas dapat dijelaskan secara detail dan sistematis dalam wawancara juri dengan Tim PKBL PTPN III yang dipimpin oleh SEVP Business Support.

Baca Juga  Tito: Jangan Pilih Lagi Calon Petahana yang Tak Efektif Tangani Covid-19

“Kami menceritakan apa yang kami lakukan dengan terstruktur serta menjelaskan rencana, visi dan misi CSR PTPN III kedepan yang kami laksanakan langsung dibawah bimbingan Direktur Umum PTPN III Holding Seger Budiardjo,” jelas Senior Executif Vice President Businnes dan Suporting PTPN III Suhendri ketika dikonfirmasi, Kamis (06/08/2020).

“Perkebunan Nusantara III (Persero) akan tetap dan selalu berupaya untuk memegang komitmen dalam melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang akuntabel, sinergitas, berkelanjutan dan berkeadilan,” tambahnya.

Hal ini dimaksudkan agar program CSR kedepan dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan, masyarakat dan lingkungan dalam bingkai berkeadilan. Berkeadilan dimaksudkan bahwa masyarakat dan lingkungan harus memberikan dukungan keamanan bagi perusahaan sehingga mendapat laba dan selanjutnya dapat disalurkan kepada masyarakat dan lingkungan.

Kinerja Perusahaan

Terkait kinerja dan laba rugi perusahaan, Suhendri juga menjelaskan bahwa 3 tahun terakhir (2017-2019) PTPN III (Persero) Operasional Sumut atau sering disebut PTPN III Stand alone, mengingat saat ini PTPN III (Persero) adalah Holding Company yang memiliki saham PTPN III, IV s.d XIV-red) mampu berada di kinerja terbaik dengan catatan laba berturut-turut selama 3 tahun di atas 1 triliun.

“Selama 3 (tiga) tahun tersebut, PTPN III stand alone telah melakukan percepatan pelunasan pinjaman existing dan sama sekali tidak menggunakan dana pinjaman baik dari perbankan maupun lembaga keuangan lainnya untuk investasi baik di bidang tanaman maupun infrastruktur di lingkungan PTPN III stand alone,” tutur Suhendri.

Kondisi ini tentunya bisa diwujudkan karena capaian laba yang baik dan net operasional cash flow yang surplus signifikan. Kurun waktu 2017-2019 PTPN III berhadapan dengan tantangan turunnya harga jual di setiap tahun, namun dengan kinerja operasional yang tergambar dari capaian Produktivitas 5,3 Ton CPO/Ha (2017), 5,6 Ton CPO/Ha (2018) dan 5,9 Ton CPO/Ha (2019), serta pengendalian harga pokok yang efektif melalui efisiensi dan E-Procurement maka PTPN III mampu mencapai kinerja laba diatas 1 Triliun tersebut (Rp1,395 T (2017), Rp1,266 T(2018) dan sebesar Rp 1,032 T.(2019).

Baca Juga  Menkes Buat Protokol Covid untuk Konser, Penonton Tak Berdiri

“Tahun 2020 perusahaan juga telah mencanangkan target perolehan laba operasional diatas Rp.1 Triliun, angka yang jauh diatas RKAP tahun 2020 dimana PTPN III Operasional mentargetkan capaian laba sebesar Rp. 886 milyar.

Dengan melihat capaian laba sampai dengan Semester I tahun 2020 yang sudah mencapai angka Rp. 363 M, manajemen dan seluruh karyawan berkomitmen untuk memperoleh capaian laba tersebut,” kata Suhendri.

Capaian laba selama beberapa tahun terakhir ini tentunya disebabkan oleh dukungan seluruh stakeholders perusahaan baik internal maupun eksternal sehingga perusahaan mampu melaksanakan operasional excellent di tanaman dan pabrik sehingga mampu menghasilkan produktivitas minyak per Ha. Jauh diatas rata-rata perusahaan perkebunan lain.

“Di bawah kepemimpinan Direktur Pelaksana A H Saragih, kita berharap PTPN III stand alone mampu tetap menjadi contributor dan pilar utama serta benchmark operational dan finansial bagi PTPN lain yang berada di bawah bendera Holding Perkebunan PTPN III (Persero), tentunya kita tetap berharap dukungan dari seluruh stakeholder,” tutupnya mengakhir

Editor: Bangun Lubis

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close