INTERNASIONAL

Ditengah Pandemi, Siswi di Palembang Ini Raih Prestasi Hingga Level Internasional

Siswi SD Islam Az-Zahrah

Palembang, barunews-
Meski pun di tengah Pandemi Covid-19 tak menyurutkan untuk mampu berprestasi bagi para pelajar di Indonesia.
Hal tersebut sebagaimana ditunjukkan oleh Bintang Khansa Asyani yang merupakan siswi SD Islam Az-Zahrah Palembang atas capaian prestasi juara Olimpiade Matematika Internasional bertajuk Hong Kong International Mathematical Olympiade (HKIMO) 2020.
Menariknya, untuk mencapai prestasi tersebut butuh perjuangan yang tak mudah. Pasalnya, harus seleksi dari ratusan peserta dari berbagai negara di dunia melalui media virtual secara live dengan perangkat webcam atau kamera komputer.
Bintang Khansa Asyani mengatakan untuk melaju ke level Internasional, harus mampu meraih juara di seleksi nasional ada 25 Juli 2020 dan berhasil meraih medali emas sehingga kembali mengikuti di final pada 30 Agustus 2020 lalu.
“Seleksinya ada 600 peserta, kemudian final diikuti 115 peserta dari 21 negara. Dan baru diumumkan berhasil meraih medali perunggu,” tutur Bintang, Senin (28/9/2020).
Bintang mengucapkan terima kasih kepada orang tua, guru dan sekolahnya yang mampu mengantarkan prestasi hingga level Internasional. Apalagi, capaian prestasi membuat bangga orang tua dan juga sekolah.
Senada dengan itu dikatakan Parni yang merupakan Ibunda Bintang mengaku bahwa anaknya tersebut suka mata pelajaran sejak kelas 1 SD kemudian terus dipelajari dari otodidak, bimbingan sekolah dan juga ditambah mengikuti les.
“Awalnya dapat info dari teman, kemudian ikut seleksi dan kemudian final. Saya terus dukung dan doakan anak Bintang dan Alhamdullillah dapat juara,” jelasnya.
Sementara itu dikatakan Kepala SD Islam Az-Zahrah Palembang H Achmad Fahrudin Lc mengaku bangga atas capaian siswinya. Prestasi ini sekaligus menjadi prestasi pertama dilevel Internasional sejak ia menjadi kepala sekolah di SD Islam Az-Zahrah Palembang sejak 2019 lalu.
“Prestasi di tingkat nasional banyak siswa-siswi kita raih, dan prestasi ananda Bintang ini tingkat Internasional. Dan ini dan ini aya sangat bangga sekali dengan prestasi ananda Bintang, bahkan saat lolos seleksi jelang final kami langsung mendatangi rumahnya untuk mensupport langsung ananda Bintang,” jelasnya.
Menurut Achmad HKIMO ini sendiri diikuti oleh 21 negara, mulai dari Indonesia, Bulgaria, Hongkong, India, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Thailand, Vietnam, Arab Saudi dan Kazakhstan.
Ia mengaku, pihak sekolah tak hanya konsen dalam mendukung prestasi akademik tapi juga prestasi non akademik. Bahkan, pihak sekolah pun akan mensupport dan memberikan reward bagi siswa-siswi yang telah mengharumkan nama sekolah.
Senada dengan itu juga dikatakan guru kelas II SD Islam Az-Zahrah Palembang Rosmalia Septiana MPd mengatakan bahwa dari kelas 1 SD pihaknya mengakui benar talenta Bintang menguasai ilmu matematika. Sehingga pada saat mengerjakan benar-benar tidak merasa tertekan tapi menyenangkan.
“Mudah-mudahan prestasi ini menjadi motivasi bagi teman-temannya untuk bisa melakukan hal yang sama, di bidang keahlian masing-masing,” pungkasnya.
Untuk diketahui, selain berprestasi di HKIMO 2020 nasional dan Internasional, di tahun yang sama Bintang juga sebelumnya meraih medali perak pada Olimpiade matematika dan aritmatika tingkat Sumsel pada 16 Februari 2020 lalu. (DRA)

Baca Juga  Donald Trump akhirnya Bersedia pakai masker di depan publik
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close