POLITIK

KPU Ogan Ilir Gagalkan Pencalonan Ilyas-Endang, Ini Alasannya

BARUNEWS, OGAN ILIR-

KPU Ogan Ilir, Sumatera Selatan, membatalkan pencalonan pasangan Ilyas Panji Alam-Endang sebagai calon bupati dan wakil bupati di Pilkada 2020. Keputusan ini dibuat setelah pasangan calon ini dinilai melakukan pelanggaran sesuai rekomendasi Bawaslu.

“Ini adalah proses menindaklanjuti rekom Bawaslu Ogan Ilir. Ini untuk melaksanakan ketentuan Pasal 71 ayat (5) juncto PKPU Nomor 9 perubahan terakhir, itu Pasal 90 ayat (1) huruf f,” kata Ketua KPU Ogan Ilir Massuryati saat dimintai konfirmasi, Selasa (13/10/2020).

Bawaslu disebut menilai pasangan petahana itu telah melanggar PKPU. Namun Massuryati tidak menjelaskan detail isi rekomendasi Bawaslu tersebut.

Rekomendasi Bawaslu itu memerintahkan, pelanggaran administrasi. Kami KPU hanya menindaklanjuti, rekomendasi yang masuk 5 Oktober dan diputus kemarin 12 Oktober. Untuk isi rekomendasi, silakan ditanyakan kepada teman-teman Bawaslu,” katanya.

Baca Juga  Pemerintah Berharap Angka Pemilih Pilkada 2020 Diatas 50%

KPU juga mengaku telah menyampaikan putusan pembatalan pencalonan Ilyas-Endang kepada masing-masing pihak. Pasangan yang menjadi pesaing Ilyas juga mendapat pemberitahuan.

“Kita sudah sampaikan salinan keputusan kepada seluruh pihak, baik paslon 1 yang telah ditetapkan dan paslon nomor 2 yang sudah dibatalkan. Kami umumkan juga melalui laman KPU Ogan Ilir,” katanya.

Meski demikian, dia mengatakan masih ada upaya hukum yang mungkin dilakukan Ilyas. Salah satunya mengajukan ke Mahkamah Agung (MA) terkait putusan KPU Ogan Ilir sebagaimana dilansir detik.com.

“Masih ada upaya hukum yang bisa dilakukan oleh yang kena sanksi tersebut. Ada proses sesuai nanti di MA, ada upaya hukum yang bisa dilakukan. Sementara tahapan tetap berjalan sesuai ketentuan,” tutup Massuryati. (dra)

Baca Juga  Ini Dia Indikator Terpenuhinya Keadilan Pemilu
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close