BISNIS

Pilih Saham ACES, RALS atau MAPI untuk Cuan di Sela PSBB Transisi

BARUNEWS.COM, JAKARTA – Setelah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat mulai awal pekan ini, (12/10/2020), sejumlah emiten ritel menunjukkan pemulihan.

Kondisi ini diharapan terus berlanjut, seiring telah dikeluarkannya aturan oleh pemerintah untuk distribusi vaksin. Vaksinasi massal memang diharapkan menjadi obat untuk ekonomi kembali berputar seperti sebelum pandemi.

Untuk jangka pendek, pelonggaran PSBB memberikan nafas bagi emiten ritel untuk mendongkrak penjualannya. Meski begitu, sentimen negatif dari resesi kuartal III/2020 yang akan diumumkan BPS masih membayangi kepercayaan konsumen.

Kepastian resesi membuat konsumen akan menetapkan prioritas yang lebih ketat dalam belanja. Termasuk mengurangi pengeluaran mereka. Hal ini dinilai dapat berdampak negatif pada pasar ritel.  Lalu bagaimana emiten segmen ritel dapat bertahan dan bagaimana prospeknya?

Baca Juga  Ini Strategi Efektif Menumbuhkan Bisnis Ritel

Melalui risetnya, Senior Associate Director Colliers International Sander Halsema memaparkan prospek penjualan ritel tidak pasti di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, kemungkinan resesi juga akan mempercepat penurunan penjualan.

Hasil survei menunjukkan meskipun tidak setiap konsumen memiliki respons dan kebiasaan belanja yang sama selama periode pandemi ini, lanjutnya, penting bagi pengecer untuk memiliki pemahaman yang mendalam tentang pelanggan mereka

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close