FOODSHEALTH

Wah, Ternyata Minum Kopi Pagi Hari Bisa Jadi Program Diet

SUMSELBARU, JAKARTA-

Minum kopi hitam di pagi hari jadi ritual banyak orang. Ternyata kopi hitam berkhasiat turunkan berat badan jika teratur diminum. Bahkan bisa digunakan program diet.

Kopi hitam bisa memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi dalam takaran yang pas dan teratur. Selama beberapa tahun terakhir banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kopi hitam memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Terutama dalam membantu proses penurunan berat badan. Seperti manfaat kopi hitam untuk meningkatkan metabolisme hingga menekan nafsu makan.

Kopi juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti viamin E, magnesium, kromium, potasium dan niacin yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat kopi hitam di pagi hari untuk diet.

1. Membakar Lemak Secara Alami

Tak perlu konsumsi pil diet yang dapat membakar lemak, cukup konsumsi kopi hitam tanpa gula di pagi secara teratur. Dilansir dari Lean Joe Bean (26/10), kopi mengandung banyak kafein yang merupakan pembakar lemak alami.

Baca Juga  Indonesia mulai berikan dexamethasone ke pasien Covid-19, teruskan hidroksiklorokuin

Dalam beberapa penelitian, kafein menstimulasi lemak cokelat atau brown fat. Brown fat merupakan jenis lemak yang membantu membakar kalori, untuk membuat tubuh tetap hangat.

Peneliti menyarankan untuk meminum kopi hitam tanpa gula, karena jenis kopi hitam memiliki kafein yang lebih tinggi dibandingkan kopi lainnya.

Dalam satu cangkir kopi hitam (270 gram) tanpa gula atau susu, hanya mengandung 1 kalori dan 0,3 protein. Sehingga minuman ini cocok diminum bagi orang yang sedang berdiet.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Sistem metabolisme memegang peranan penting dalam proses penurunan berat badan. Rutin meminum kopi hitam dapat membantu meningkat metabolisme pada tubuh sampai 50%.

Sementara bagi yang sedang berdiet dan rutin berolahraga, beberapa peneliti menyarankan untuk meminum kopi hitam 30 menit sebelum olahraga. Karena kopi hitam ini bisa membantu membakar lemak di area perut.

Baca Juga  Penjualan Mobil Anjlok Hingga 95 Persen Imbas Corona

Minuman ini juga menstimulasi sistem saraf yang memberikan sinyal kepada tubuh untuk mengurai sel lemak, dan menggunakannya sebagai energi untuk tubuh.

3. Menekan Nafsu Makan

Tak hanya meningkatkan sistem metabolisme saja, banyak orang yang meminum kopi hitam ketika diet karena dapat menekan nafsu makan. Jika kopi hitam tanpa gula dikonsumsi di pagi hari, akan memberi rasa kenyang lebih lama.

Karena perut sudah terisi dengan kopi hitam, maka akan lebih mudah untuk mengontrol nafsu makan. Kopi hitam juga berguna untuk meredakan ngidam makanan yang sering kali membuat diet gagal.

Selain membantu menurunkan berat badan, kopi hitam juga membantu orang lebih fokus dan semangat. Orang-orang jadi tidak malas bergerak, dan tentunya membakar lebih banyak kalori.  (dra)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close